Lihat koran untuk hari ini
Kang roni
KLIK DISINI

Friday, December 14, 2012

4 Cara Hindari Sistem Ganjil-Genap


Jakarta - Pemprov DKI Jakarta akan menerapkan sistem ganjil-genap pada awal 2013. Beberapa ruas jalan sudah ditetapkan terkena aturan baru ini. Beberapa alternatif bisa digunakan warga untuk menghindari sistem ini.

"Ada empat alternatif yang bisa digunakan oleh masyarakat saat ganjil-genap diterapkan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono usai diskusi 'Mengurai Kemacetan Jakarta' yang diadakan oleh Suara Pembaruan di Hotel Four Seasons, Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (14/12/2012).

Pristono mengatakan, empat alternatif yang bisa digunakan adalah menggunakan angkutan umum seperti Bus Rapid Transit (BRT), mengubah rute perjalanan, mengubah waktu perjalanan, serta menggunakan sistem car pooling.

"Kalau genap ganjil diterapkan, tentunya kami akan perbaiki transportasi publik menjadi lebih baik," katanya.

Akhir tahun ini sebanyak 66 bus gandeng TransJ sudah bisa digunakan. Sementara itu, pada awal 2013 sebanyak 200 bus gandeng akan dioperasikan. "Transportasi publik sedang disediakan. Kita sudah mempercepat pengadaan angkutan reguler yang ada," ujarnya.

Pristono mengatakan, pihaknya akan menyiapkan rambu lalu lintas, petugas, serta stiker warna agar mempermudah pengawasan. "Setelah pelaksanaannya berjalan baik, untuk pengawasan akan ditambah alat electronic enforcement," terangnya.

Pristono mengatakan, aturan genap ganjil tersebut tidak diterapkan selama 24 jam. Hanya dari pukul 06.00 WIB-20.00 WIB dari hari Senin hingga Jumat.

"Jadi aturan ganjil genap itu tidak diterapkan selama 24 jam, melainkan hanya dari jam 6 pagi hingga jam 8 malam, juga tidak berlaku bagi angkutan umum dan angkutan barang. Sehingga masyarakat bisa menggunakan angkutan umum," ujarnya.


Sumber : 

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More