Google AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan
yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web
mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa
pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh
pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik. yang selanjutnya akan dibayarkan melalui paypal. bagi yang belum punya rekening paypal coba lihat cara mendaftar akun paypal
Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral).
Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak
pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan
pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung
melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan
yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs
akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan
tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google
dengan pemasang iklan tersebut.
Publisher
Publisher adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan memasang iklan AdSense di situs mereka.
Ad Units
Yang
dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units
terdiri dari beberapa jenis dan beberapa ukuran. Yang paling umum adalah
jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka
(jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai
CPC-nya.
Link Units
Link
Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan
format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan
Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan
ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search
engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila
pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut.
Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak
dibandingkan Ad Units biasa.
AdSense for Content
AdSense
for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman.
Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi
halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad
Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.
Alternate Ads
Pada
AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain
bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah
habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu
sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah
iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google
memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif.
Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate
Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul
adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.
Channels
Channels
adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units,
AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih
dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih
dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google
AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels,
sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk
menganalisa performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan
nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs.
Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels
yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu
diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200
kanal.
Page Impressions
Page
Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang
mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh
oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.
Clicks
Clicks
adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan
AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun
berdasarka.
CTR (Clickthrough Rate)
CTR
adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu
Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad
Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25%
(10:40).
CPC (Cost Per Click)
CPC
adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units
tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan
ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs
milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah
20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.
eCPM (Effective CPM)
eCPM
atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah
pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia
dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang
menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM
sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).
Kebijakan program AdSense
Meski
program AdSense memberikan keuntungan yang besar, Google menetapkan
aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat,
termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh tindakan tidak
terpuji pemilik situs anggota program AdSense. Beberapa larangan Google
yang harus ditaati pemilik situs web atau blog peserta program AdSense
adalah:
-Mengklik iklan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusus
-Dengan
sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang
ditampilkan, misalnya dengan kata-kata “klik iklan ini” atau “kunjungi
halaman ini”
-Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google
Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian
-Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan kata kunci tertentu
Memanipulasi target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME
-Kode
unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web
tanpa perubahan. Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode AdSense
dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di
jendela pop up atau mengalihkan target iklan.
Optimisasi Penghasilan AdSense
Potensi
keuntungan mengikuti program AdSense membuat banyak pemilik situs web
mengembangkan berbagai metode untuk meningkatkan jumlah klik pada iklan
yang mereka tayangkan. Sebagian metode terbukti ilegal dan melawan
kebijakan resmi program AdSense. Metode yang lain diperbolehkan, bahkan
didorong penggunaannya oleh Google. Beberapa metode yang dianggap sah
adalah:
-Memodifikasi warna unit iklan menggunakan palet warna yang disediakan AdSense.
-Meletakkan unit iklan pada posisi tertentu pada halaman web yang dianggap memiliki tingkat keterbacaan tinggi.
-Menghilangkan
garis tepi unit iklan dan menyamakan warna latarnya dengan warna latar
halaman web sehingga unit iklan terlihat membaur dengan isi halaman.
0 comments:
Post a Comment