Lihat koran untuk hari ini
Kang roni
KLIK DISINI

Tuesday, January 28, 2014

VRAM (Video RAM)

VRAM adalah memori komputer yang digunakan untuk menyimpan data gambar yang ditampilkan di monitorkomputer, yang bertindak sebagai buffer antara CPU dan kartu grafis. Bila ada gambar yang akan ditampilkan pada layar, gambar yang pertama dibaca oleh prosesor dan kemudian ditulis dengan VRAM. Data tersebut kemudian diubah oleh RAM digital-ke-analog converter (RAMDAC) menjadi sinyal analog yang dikirim ke layar. seluruh proses yang terjadi begitu cepat yang tidak dapat ditangkap oleh penglihatan manusia. Tidak seperti kebanyakan sistem RAM, VRAM adalah chip dual-porting, yang berarti bahwa saat layar membaca dari VRAM untuk memperbarui gambar yang sedang ditampilkan, maka prosesor yang baru menulis gambar dengan VRAM; hal ini mencegah tampilan dari kerlip antara redrawing tampilan. Dengan beberapa informasi di atas dapat diartikan RAM dan VRAM sama-sama dalam menulis dan membaca suatu data disimpan dalam memory RAM atau VRAM untuk diberikan pada proses selanjutnya. Tetapi kinerja VRAM lebih dikhusus kan pada proses pengolahan data grafis.


VRAM terletak pada VGA ( video graphic card ) yg berada di board VGA apabila menggunakan VGA add on, apabila VGA onboard maka VRAM terletak pada motherboard.

BEBERAPA PERBEDAAN VRAM DENGAN KOMPONEN KOMPUTER YANG LAIN
  • RAM dan VRAM sama-sama dalam menulis dan membaca suatu data disimpan dalam memory RAM atau VRAM untuk diberikan pada proses selanjutnya. Tetapi kinerja VRAM lebih dikhusus kan pada proses pengolahan data grafis.
  • RAM terletak dan tertancap pada motherboard sedangkan VRAM terletak pada VGA ( video graphic card ) yg berada di board VGA apabila menggunakan VGA add on, apabila VGA onboard maka VRAM terletak pada motherboard.
  • RAM berbentuk board kepingan yg terdapat chip-chip diatas nya sedangkan VRAM berbentuk chip yg berada pada board VGA ( add on VGA ) atau board Motherboard ( on board VGA )
  • RAM berupa kepingan yg tertancap pada motherboard Slot ram pada motherboard ( DDR,DDR2,DDR3 ) sedangkan VRAM berada pada board VGA untuk video add on dan pada board motherboard untuk on board VGA. Slot VGA add on pada motherboard adalah AGP,PCI dan PCI X.
Sumber : http://blog.um.ac.id/deeaning/2011/12/21/vram-video-ram/

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More