Lihat koran untuk hari ini
Kang roni
KLIK DISINI

Sunday, September 23, 2012

Kepada Suarez dan Evra, Bersalamanlah


Liverpool - Hari ini Anfield akan menggelar pertandingan sejak "misteri" tragedi Hillsborough terungkap. Demi menghormati momen itu, Luis Suarez dan Patrive Evra diharapkan berdamai pula.

Dua figur tersebut akan mendapat sorotan awal sebelum kickoff malam ini, apakah akan bersalaman atau tidak. 

Dunia menyaksikan melalui siaran televisi, pada pertemuan terakhir Liverpool dan MU di musim lalu, Suarez menolak berjabatan tangan dengan Evra, setelah ia diskors delapan pertandingan karena berlaku rasis pada bek MU asal Prancis itu.

Evra pun membalas penolakan itu dengan melakukan selebrasi vulgar di depan Suarez seusai pertandingan yang dimenangi "Setan Merah".

"Kedua klub memang punya rivalitas. Tapi banyak hal yang lebih penting daripada sepakbola itu sendiri, dan ini adalah salah satunya," demikian pendapat eks pemain Liverpool, Robbie Fowler, supaya Suarez dan Evra menunjukkan sportivitasnya sebagai gentleman sebelum kickoff.

Pertandingan ini akan lebih spesial karena akan diawali dengan sebuah "tribute" untuk tragedi Hillsborough 23 tahun lalu, yang menewaskan 96 orang, mayoritas suporter The Reds, termasuk seorang sepupu kapten "Si Merah" Steven Gerrard. 

Dua minggu lalu dipublikasikan hasil penyelidikan lembaga independen yang mengungkapkan penyebab terjadinya tragedi tersebut dikarenakan pihak keamanan tidak siap. Atas laporan itu pemerintah Inggris sampai meminta maaf khususnya pada masyarakat Liverpool yang puluhan tahun menunggu kebenaran itu.

"Kedua pemain itu bisa jadi kunci," tutur Gerrard tentang akan bertemunya lagi Suarez dan Evra di Anfield, dikutip dari Guardian.

"Bersalaman di awal pertandingan, dan mereka punya sebuah tanggung jawab untuk memulai hari dengan sebuah catatan yang baik. Aku akan bicara pada Suarez. Saranku adalah mereka bersalaman dan melupakannya. Suarez akan membuat keputusannya sendiri, tentu saja. Tapi aku berharap dia pun ingin berdamai dengan dirinya sendiri."

Di kubu "Setan Merah", manajer Sir Alex Ferguson juga sudah mencanangkan pertandingan ini berjalan dengan penuh respek. Ia sampai membuat surat terbuka pada suporternya supaya mengesampingkan "kebencian" mereka pada Liverpool, dan "menghormati kampanye mereka untuk keadilan".

"Aku tahu, aku bisa mengandalkan kalian untuk berdiri bersama kami dalam tradisi-tradisi terbaik menjadi fans terbaik di pertandingan ini," tulis Fergie.

Jadi, siap bersalaman, Suarez, Evra?

Sumber :
http://sport.detik.com/sepakbola/read/2012/09/23/134057/2031408/72/kepada-suarez-dan-evra-bersalamanlah?991104topnews

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More